page-banner
Bermodal Gerobak, Pria Indonesia Berhasil Kembangkan Jaringan Waralaba Kebab Terbesar di Dunia 8 Oktober 2024

Bermodal Gerobak, Pria Indonesia Berhasil Kembangkan Jaringan Waralaba Kebab Terbesar di Dunia

biropbj.kaltimprov.go.id Anda tahu Kebab Turki Baba Rafi ??? Yups, usaha kuliner ini didapuk menjadi waralaba kebab terbesar di dunia. Menurut berbagai sumber, waralaba ini memiliki sekitar 1.300 outlet di seluruh Indonesia dan 68 outlet yang tersebar di beberapa negara seperti Malaysia, India, Filipina, Sri Lanka, China, Singapura, Belanda, Brunei Darussalam, dan Bangladesh. Namun, siapa sangka, usaha ini berawal dari sebuah gerobak yang dijalankan oleh tangan dingin pria bernama Hendy Setiono.

 

Usaha yang dirintis Hendy Setiono terinspirasi ketika Hendy berkunjung ke salah satu negara di Timur Tengah. Ia terkesan dengan kepopuleran Kebab Turki. Sepulangnya ke tanah air, tahun 2003, Hendy memberanikan diri membuka usaha kebab Turki di tanah air.

 

Hendy yang kala berusia 20 tahun dan mengenyam pendidikan di Jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan memulai bisnis kebab.

 

Hendy memulai bisnis dari mengoperasikan gerobak kecil di Jalan Nginden Semolo di Surabaya, Indonesia. Hendy memulai bisnis Kebab pertama dengan modal 4 juta rupiah yang dipinjam dari adik perempuannya.

 

Nama Baba Rafi sendiri ia ambil dari nama anak pertamanya yakni Rafi Darmawan. Adapun nama Baba diambilnya dari bahasa Arab yang berarti ayah atau bapak. Dengan demikian, nama Baba Rafi ini menunjukkan bahwa bisnis kebab Turki ini merupakan milik Ayah dari Rafi.

 

Tahun 2005, Kebab Turki Baba Rafi semakin berkembang pesat hingga akhirnya mampu meresmikan PT Baba Rafi Indonesia, dan mulai memfranchisekan bisnis kebab ini. Kebab adalah salah satu makanan cepat saji paling populer di seluruh dunia tetapi masih belum ada pemain global dalam bisnis kebab, Tim Baba Rafi memiliki ambisi untuk mengubahnya.

 

Kebab Turki Baba Rafi terus berekspansi hingga dapat membuka berbagai cabang internasional di Filipina & Malaysia tahun 2012, kemudian Srilanka tahun 2013, di China membuka cabang pada 3 kota berbeda (Kota Yiwu, Hangzhou, Shanghai) di tahun 2014, Belanda di tahun 2015, Singapore, Brunei Darussalam, Bangladesh, India, dan masih akan terus berekspansi ke negara-negara lainnya dikemudian hari.

 

Saat ini Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) adalah bisnis waralaba kebab terbesar di dunia. KTBR memiliki lebih dari 1300 outlet di seluruh Indonesia dan 68 outlet di 9 negara lainnya yakni: Malaysia, India, Filipina, Sri lanka, Cina, Singapura, Brunei, Belanda, dan Bangladesh.

 

KTBR telah mendapatkan penghargaan oleh organisasi bergengsi di seluruh dunia seperti: Pemenang Penghargaan Pengusaha Bisnis Kecil & Menengah Indonesia 2006 yang diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Pemenang penghargaan pengusaha 2009 oleh Ernst & Young, Pemenang Waralaba Global Pertama di Indonesia 2016 yang diberikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dan masih banyak lagi penghargaan bergengsi lainnya.

 

Sumber : https://www.babarafi.com/history dan https://www.idxchannel.com/inspirator/kisah-sukses-hendy-setiono-pemilik-kebab-baba-rafi-yang-awali-usaha-dari-sebuah-gerobak/2