Samarinda, Biropbj.kaltimprov.go.id – Sebagai upaya berkelanjutan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa, Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Timur kembali menggelar kegiatan Verifikasi Status Pengadaan Barang dan Jasa Perangkat Daerah Tahun 2025 Tahap II pada Kamis, 28 Agustus 2025 di Hotel Four Points by Sheraton, Kota Balikpapan.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari verifikasi tahap sebelumnya, yang bertujuan memastikan seluruh proses pengadaan tercatat dengan baik, akurat, dan terbarukan. Latar belakang dilaksanakannya verifikasi tahap kedua ini adalah masih ditemukannya sejumlah paket pengadaan non-tender yang belum tercatat di aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan banyaknya transaksi e-Katalog yang statusnya masih belum selesai.
Verifikasi ini menjadi langkah penting untuk mempercepat pencatatan dan penyelesaian status pengadaan. Peserta yang diundang meliputi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), serta staf pendukung dari setiap perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim.
Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap perangkat daerah dapat meningkatkan kedisiplinan dalam pencatatan data pengadaan. Hal ini krusial agar data yang tercantum dalam aplikasi SiPesut Kaltim dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) menjadi lebih akurat dan terbarukan.
Langkah strategis ini mencerminkan komitmen bersama seluruh pihak dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga setiap proses pengadaan dapat dipertanggungjawabkan dengan optimal.